• 0813 3988 6885
  • 0819 3432 5222
  • This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.

Begini Antisipasi yang Paling Tepat Saat Alami Pecah Ban Ketika Mobil Sedang Melaju

 

images

Tidak dapat dipungkiri, pecah ban merupakan salah satu penyebab terjadinya kecelakaan terbesar di jalan raya. Penyebabnya pun cukup banyak mulai dari tekanan udara yang memang kurang pada ban  atau ban melindas benda tajam seperti kawat atau paku. Pecah ban memang sulit diduga, bahkan oleh pengemudi berpengalaman sekali pun. Lalu, apa yang seharusnya dilakukan oleh pengemudi ketika mengalami pecah ban saat sedang melajukan kendaraannya dengan cepat?

Langkah utama yang sebaiknya dilakukan adalah tetap tenang, karena jika tidak, akan menyebabkan hal-hal yang dapat membahayakan. Sesegera mungkin nyalakan lampu hazard sembari mengarahkan ke bahu jalan jika Anda memang sedang berada di jalan bebas hambatan.

Cara paling aman menghadapi pecah ban adalah dengan membiarkan kendaraan terus melaju sambil mencoba mengarahkan ke tepi tanpa menginjak pedal gas sampai akhirnya mobil benar-benar berhenti. Pengendara harus tetap fokus mengendalikan mobil sambil mengurangi kecepatan dengan melepaskan kaki dari pedal gas dengan perlahan. Mengurangi kecepatan juga dibantu dengan engine brake ( mengurangi gigi ke titik rendah ) untuk menahan laju mobil sampai kecepatan rendah.

Jika ban pecah di bagian depan, maka pengendara harus melakukan counter steering. Contoh saat ban pecah bagian kanan maka setir akan berat ke kanan, karena itulah arahkan kemudi ke kiri sampai arah laju tetap stabil, begitu juga sebaliknya.

Rem tetap penting tetapi jangan sampai dilakukan secara mendadak karena jika mendadak bisa memindah bobot mobil ke depan, dan setir akan semakin menarik ke arah roda ban pecah sehingga kemungkinan mobil terguling atau terbalik menjadi lebih besar.

Setibanya di tepi jalan, pengemudi pun bisa mengganti ban yang pecah atau jika kondisinya sangat parah dan sulit untuk diganti sendiri, bisa segera meminta bantuan bengkel resmi suzuki  terdekat untuk bisa memperbaikinya.

Semoga informasi ini berguna!

Dealer mobil suzuki denpasar || Dealer mobil suzuki bali dapatkan info mobil suzuki ter,update,promo terbaru,discount terbesar melayani  cash atau credit.Tlp 081934325222 /081339886885 

cek harga dan spesifikasi suzuki bali klik di sini

- HARGA ERTIGA

Image

- HARGA APV

Image

- HARGA KARIMUN WAGON R

Image

- HARGA IGNIS

Image

- HARGA PICK UP CARRY

Image

- HARGA PICK UP MEGA CARRY

Image

- HARGA NEW S CROSS

Image


Mengganti velg adalah salah satu cara paling mudah untuk mengubah tampilan Mobil. Dengan cara ini, mobil akan tampak lebih keren dari biasanya. Apalgi saat ini pedagang velg mobil bisa dengan gampang ditemukan di sejumlah tempat. Berbagai macam model dan jenis velg mobil pun bisa ditemui, mulai dari kualitas original equipment manufacture (OEM), asli impor, maupun abal-abal (kw/replika).

Kalau memang saat ini Anda berniat untuk merubah tampilan mobil Anda dengan mengganti velgnnya, mengetahui perbedaan velg asli dan velg replika adalah hal pertama yang harus Anda kuasai. Bagaimana caranya? Simak tips berikut!

Harga velg

Satu hal utama yang bisa menjadi acuan dalam membedakan velg asli dengan replika adalah harga. velg asli biasanya dibanderol lebih mahal dibandingkan yang replika. Bahkan bisa sampai empat kali lebih mahal dibandingkan velg replika. Contoh sederhananya, kalau pelek replika ring 17 harganya Rp5 jutaan, pelek aslinya bisa dibanderol antara Rp20 juta-Rp25 juta.

Namun hal itu tidak bisa jadi patokan pasti, karena tidak jarang juga ada pedagang nakal yang menjual velg replika dengan harga mahal dan mengatakan bahwa velg yang mereka jual adalah  asli.

Bobot Pelek

Untuk menghindari diri Anda tertipu oleh pedagang yang nakal, merasakan berat velg bisa menjadi cara ampuh dalam membedakan velg original dan velg replika. Kebanyakan, velg original lebih ringan ketimbang replikanya. Contohnya, velg replika ring 17 bobotnya kurang lebih 10-11 kilogram, nah kalau velg original kurang lebih enam kilogram saja. Bobot inilah yang bisa kita jadikan salah satu indikatornya.

Tapi lagi-lagi, bobot velg belum bisa jadi patokan pasti karena tidak semua pelek asli itu ringan, seperti contohnya pelek asli ring 20 beratnya sama dengan yang replika.

Kualitas Pembuatan Pelek

Selain harga dan bobot velg, kualitas pembuatan velg juga bisa membedakan velg original dan velg replika. Biasanya, saat dibuat velg replika akan melalui proses pengecoran, sementara velg asli melalui proses ditempa. Nah, yang paling kliatan nampak dari dua proses pembuatan velg itu adalah saat finishing-nya.

velg asli proses finishing rapi, sementara replika akan tampak berantakan, seperti ada yang bolong di permukaan dalam pelek ( kurang rapi di proses pengecatan ). Catnya pun tampak tidak sama. Hal itu bisa terjadi karena perusahaan pembuat pelek replika tidak memerhatikan detailnya.

Memang tidak mudah membedakan pelek originak dan velg palsu (kw/replika). Tapi kunci yang paling penting adalah jangan mudah tergiur dengan harga yang murah dan jangan terburu-buru ketika membeli velg. Jangan malas mencari informasi tentang velg yang ingin Anda beli dan cek semua bagian pelek dengan detail sebelum akhirnya memutuskan membelinya.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Dealer mobil suzuki denpasar || Dealer mobil suzuki bali dapatkan info mobil suzuki ter,update,promo terbaru,discount terbesar melayani  cash atau credit.Tlp 081934325222 /081339886885 

cek harga dan spesifikasi suzuki bali klik di sini

- HARGA ERTIGA

Image

- HARGA APV

Image

- HARGA KARIMUN WAGON R

Image

- HARGA IGNIS

Image

- HARGA PICK UP CARRY

Image

- HARGA PICK UP MEGA CARRY

Image

- HARGA NEW S CROSS

Image


Efek Buruk Rem Parkir Jika Aktif Terlalu Lama

Rem parkir atau bisa juga biasa disebut dengan rem tangan, pada mobil memang sangat penting supaya mobil bisa tetap berhenti dengan aman ketika diparkir atau saat berada di jalanan yang menanjak. Rem parkir akan membuat rem belakang aktif, sehingga mobil tidak akan meluncur sendiri. Namun, rem parkir juga bisa membahayakan jika terlalu lama aktif.

Apa bahayanya?

Rem parkir yang terlalu lama aktif bisa membuat kampas rem bisa lepas dari pelat atau besi penopangnya. Kampas rem lepas ini biasanya terjadi pada rem belakang jenis tromol, karena memiliki bidang kontak yang lebih panjang daripada rem cakram. Ketika rem tangan aktif, kampas rem akan menempel dengan tromol. Kalau terlalu lama menempel, kampas rem bisa menjadi lengket pada tromol dan kalau dipaksa untuk melaju, kampas rem ini berisiko lepas.

Risiko kampas rem parkir lepas ini akan makin tinggi jika kondisi terakhir rem kapas masih dalam keadaan basah. Jika memang basah, sangat disarankan di ganjal saja ban mobil kalau akan diparkir dalam waktu yang lama.

Cara Mengoprasikan Rem Parkir yang Benar

Selain tidak mengaktifkan terlalu lama, berikut ini adalah beberapa cara mengoprasikan rem parkir yang benar.

  1. Pastikan suara klik pada rem parkir adalah 4 sampai 7 klikan ketika ditarik. Jika lebih dari 7 klik segera bawa ke bengkel untuk di setel ulang.
  2. Usahakan sesering mungkin menggunakan rem tangan ketika mobil berhenti, baik di waktu berhenti lampu merah atau berhenti sesaat.
  3. Jika kendaraan parkir di jalan yang permukaannya miring, di usahakan tambahkan dengan pengganjal roda agar kerja rem parkir menjadi lebih ringan.
  4. Hindari menginjak atau menarik rem parkir secara berlebih.
  5. Lakukan servis berkala di bengkel resmi Suzuki untuk melakukan penyetelan rem tangan ketika servis berkala.

Semoga bermanfaat untuk anda !

Dealer mobil suzuki denpasar || Dealer mobil suzuki bali dapatkan info mobil suzuki ter,update,promo terbaru,discount terbesar melayani  cash atau credit.Tlp 081934325222 /081339886885 


Sama dengan tubuh manusia, mobil juga butuh cairan yang dimana berfungsi menjaga performa mobil sehingga tetap prima dan nyaman untuk dikendarai. Ada delapan jenis cairan yang terkandung dan dibutuhkan kendaraan serta akan fatal akibatnya kalau cairan-cairan ini sampai kurang atau kosong, Apa saja delapan cairan tersebut? Baca petunjuk di bawah ini!

Oli mesin

Pengecekan oli di mesin sangat disarankan secara rutin. Cek ketinggian oli, dan pastikan tetap berada di antara batas atas dan bawah. JIka level ketinggiannya di bawah batas bawah, segera tambahkan oli. Kondisi oli juga bisa dilihat dari warnanya. Saat warnanya sudah berubah dari warna aslinya, seperti sudah menghitam, segeralah menggantinya supaya tidak berefek buruk pada mesin mobil.

Air radiator

bukan hanya oli mesin, cairan yang harus selalu diperiksa ialah air radiator. liat volumenya dengan melihatnya langsung ke dalam tangki cadangan. Pengecekan ini sangat penting untuk dilakukan karena kurangnya air radiator bisa mengakibatkan mesin mobil mengalami panas berlebih (overheating).

Air aki

Agar masa pakai baterai atau aki usianya lebih panjang, lakukanlah pengecekan tiap dua minggu sekali. Priksa dan pastikan ketinggian cairan aki pada seluruh sel ada di antara level bawah dan level atas. Akan tetapi tidak berlaku untuk kendaraan yang memakai aki MF (maintenance free atau aki kering).

Minyak rem

Pastikan ketinggiannya berada di batas maksimum. Kalau sudah berkurang sampai level minimum dan lampu indikator rem parkir terlihat menyala, segera hubungi bengkel resmi Suzuki untuk melakukan pengecekan dan pengisian ulang atau perbaikan. Ingat, jika ketinggian minyak rem jauh di bawah level minimum, kemungkinan sudah terjadi kebocoran sistem rem. Kerusakan ini bisa mengakibatkan rem blong .

Air Wiper

Selalu sempotkan air saat hendak menyalakan wiper. Kenapa? Karena jika penggunaan wiper ketika kaca kering, permukaannya yang elastis bisa rusak. Selalu cek volume air di dalam tangki wiper dan pastikan air selalu tersedia.dan perlu di ketahui saat mobil sedang parkir dalam waktu yang lama sebisa mungkin agar wiper selalu dalam posisi terangkatdan tidak menempel kaca, hal ini akan mencegah karet wiper tidak cepat rusak .karena sinar matahari yang terik dan panas akan menyebabkan karet wiper kering atau tidak lastis lagi

Minyak power steering

Pastikan volume minyak power steering selalu berada di antara batas bawah dan atas, sama dengan cairan-cairan yang sudah disebutkan sebelumnya. Kekurangan minyak bisa mengakibatkan kerusakan power steering. Jangan lupa juga untuk membiasakan selalu meluruskan roda depan sebelum mematikan mesin kendaraan agar kinerja power steering tetap terjaga.

Oli gardan

Kualitas oli gardan juga harus selalu di jaga. Kalau sampai oli gardan bocor atau habis, ini bisa menyebabkan kerusakan serius pada komponen ini. Jadi Kita harus selalu perhatikan apakah ada kebocoran oli di gardan atau tidak, jika sekiranya ada segera perbaiki dan ingat untuk selalu memakai oli serta suku cadang suzuki yang asli supaya kualitasnya terjamin.

Oli transmisi matik

Transmisi pada mobil matik tergantung pada volume pelumas atau oli yang terkandung dalam pengoperasiannya. Jangan sampai membiarkan transmisi matik kekurangan oli sampai di bawah batas minimal karena penyaluran tenaga dan kecepatan putaran mesin bisa terganggu.

berikut beberapa cairan yang dibutuhkan mobil. Semoga informasi ini bermanfaat!

untuk cek harga mobil klik gambar di bawah ini

www.suzukibali.info

https://www.facebook.com/Suzukibali.info/

Dealer mobil suzuki denpasar || Dealer mobil suzuki bali dapatkan info mobil suzuki ter,update,promo terbaru,discount terbesar melayani  cash atau credit.Tlp 081934325222 /081339886885 

cek harga dan spesifikasi suzuki bali klik di sini

- HARGA ERTIGA

Image

- HARGA APV

Image

- HARGA KARIMUN WAGON R

Image

- HARGA IGNIS

Image

- HARGA PICK UP CARRY

Image

- HARGA PICK UP MEGA CARRY

Image

- HARGA NEW S CROSS

Image


Page 1 of 10

© 2018 www.suzukibali.info. All rights reserved. By Miamori Design